SUKMA-E JATIM (Survei Kepuasan Masyarakat secara Elektronik Jawa Timur)

Instansi
Biro Organisasi Setda Prov. Jatim
Inovator
Biro Organisasi Provinsi Jatim
Kategori
Jatim Amanah
Admin Inovasi
Biro Organisasi Provinsi Jatim
Tahun
2023
Status
Berlanjut Bereplikasi
Prestasi
Top Inovasi Terpuji Kovablik Jatim 2023

SukMa-e Jatim adalah sistem yang mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan publik dengan berbasis QR code yang berprinsip real time, akuntabel, mudah, cepat, dan terintegrasi. Setiap tahunnya Biro Organisasi melakukan Sosialisasi/ transfer pengetahuan terkait aplikasi SukMa-e Jatim, selanjutnya akan dilakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap admin dari masing-masing PD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lalu akan dilaksanakan MoU sebagai bentuk komitmen dari pimpinan tertinggi dalam mereplikasi SukMa-e Jatim dan akan dilakukan evaluasi terhadap penggunaan SukMa-e Jatim setiap tahunnya. Selama kurun waktu 3 tahun terakhir, user/ admin yang menggunakan SukMa-e Jatim dan total responden terus bertambah. 

Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) merupakan Indikator Kierja Utama (IKU) dari Kepala Daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota, namun realita di lapangan menunjukkan bahwa belum semua perangkat daerah provinsi dan kabupaten/ kota sampai di level UPT/ Cabang Dinas/ hingga kelurahan melaksanakan SKM. Biro/ Bagian Organisasi sebagai koordinator tatalaksana publik seringkali kesulitan dalam mengumpulkan nilai SKM dari masing-masing Unit Pelayanan Publik (UPP) yang nantinya akan direkap menjadi nilai SKM Provinsi/ Kabupaten Kota. Selain permasalahan tersebut, nilai SKM Provinsi dan Kabupaten/Kota juga belum terintegrasi dengan baik dan dampaknya belum terukur dengan baik. 


Nilai kebaruan Aplikasi SukMa-e Jatim adalah adanya penggunaan metode digital dalam melakukan SKM, akses yang mudah dan cepat dalam menghimpun nilai IKM dari masing-masing perangkat daerah karena berbasis QR Code, dan juga adanya integrasi data antara Provinsi dengan Kabupaten/Kota serta real time dan dapat diakses nilainya oleh masyarakat umum. Fitur-fitur lain dalam SukMa-e Jatim yakni dilengkapi dengan kotak saran perbaikan, kesan dan apresiasi terhadap petugas layanan yang dapat langsung ditindak lanjuti oleh penyelenggara layanan, dan cukup menggunakan smartphone pribadi dalam melakukan SKM. 


Sebelum adanya aplikasi SuKMa-e Jatim pelaksanaan SKM masih dilakukan secara manual menggunakan kertas/ formulir sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam menghimpun data dan rawan tidak terarsip dengan baik, kemudian masih membutuhkan anggaran yang cukup besar setiap tahunnya karena sebagian besar perangkat daerah menggunakan pihak ketiga, dan minimnya jumlah UPP dengan Indeks Pelayanan Prima di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selanjutnya setelah SukMa-e Jatim diaplikasikan di lingkungan Pemrpov Jatim terdapat beberapa perubahan kondisi seperti SKM yang telah dilaksanakan secara digital/ paperless, anggaran yang digunakan sangat minim karena cukup dengan melakukan print barcode pada kertas dan disajikan dalam akrilik, hasil survei dapat diketahui secara real time karena hanya membutuhkan 1 menit bagi pelanggan dalam mengisi nilai SKM, dan meningkatnya jumlah UPP dengan Indeks Pelayanan Prima di Jawa Timur. 


A. Faizin Karimi
2023-12-08 20:01:02

A. Faizin Karimi
2023-12-09 09:30:50
Klik untuk memperbesar

Download

Buku Panduan Inovasi
Belum Ada File
Regulasi
Belum Ada File
Dokumen Lain
Belum Ada File
Ada pertanyaan tentang Inovasi ini? Yuk, diskusikan lebih lanjut di Forum Replikasi
Forum Replikasi